Selasa, 03 Juni 2014

makalah gangguan menopause



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Setelah mengalami menstruasi sejak usia pubertas dan berlangsung terus selama masa subur (produktif), wanita akan sampai pada penurunan fungsi hormonal yang mengakibatkan menurun dan berhentinya menstruasi. Dengan berakhirnya haid, proses ovulasi dan pembuahan sel telur juga berhenti. Segenap aparat kelenjar mengalami hambatan pengurangan aktivitasnya. Organ kelamin turut mengalami proses atrofi, menjadi kisut dan mundur fungsinya. Akhirnya, segenap bagian tubuh lambat laun menampakkan gejala ketuaan. Fese demikian ini pada wanita disebut menopause (men = bulan, pause = berhenti).
            Fase menopause disebut pula sebagai periode klimakterium (climacter = tahun perubahan/pergantian tahun yang berbahaya). Menopause merupakan peristiwa fisiologis alamiah. Terjadi setelah berhentinya menstruasi selama 1 tahun. Biasanya, menstruasi mulai berkurang (taper off) selama 2-5 tahun, paling sering antara umur 48 – 55 tahun, rata-rata pada umur 51,4 tahun. Kaplan & Sadock (1991) menyebutkan berbagai gejala psikologis menopause, seperti kecemasan (anxietas), lemah (fatique),ketegangan, labilitas emosional, iritabilitas, depresi, pusing-pusing, dan sukar tidur (insomnia).Tanda dan gejala fisik adalah berkeringatan malam hari (night sweats), flushes dan hot flashes. Yaitu persepsi mendadak rasa panas di leher dan tubuh yang disertai keringatan atau perubahan warna kulit kemerahan. Penyebab dari hot flashes ini kemungkinan karena menurunnya sekresi luteinizing hormone (LH).
            Menopaus secara alamiah terjadi karena menurunnya sekresi hormone kewanitaan, terutama hormon oestrogen. Penurunan ini menyebabkan atrofi (pengisutan) dan pengeringan mukosa vagina, sehingga sering terjadi vaginitis (radang vagina), pruritus (gatal-galat), dispareuni (nyeri waktu hubungan seksual), dan stenosis. Perubahan-perubahan system hormonal ini mempengaruhi segenap konstitusi psiko-fisiologik sehingga berlangsung proses kemunduruan yang progresif. Karena itu periode klimakterium atau menopause disebut “periode krisis” karena perubahan dan kemunduran yang terjadi mengakibatkan krisis-krisis dal kehidupan psikis pribadi seseorang.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja gangguan psikologi pada masa menopause?
2.      Bagaimana cara  mengatasi gangguan psikologi pada masa menopause?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui gangguan-gangguan psikologi yang terjadi pada masa menopause.
2.      Mengetahui cara-cara mengatasi gangguan-gangguan psikologi pada masa menopause.
D.    Manfaat Penulisan
1.      Bagi Pembaca
            Dengan adanya makalah ini pembaca bisa mendapatkan informasi tentang gangguan-gangguan psikologi pada masa menopause.
2.      Bagi Penulis
Dengan adanya makalah ini, penulis mampu menambah wawasan terutama dalam gangguan-gangguan psikologi pada masa menopause.


















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Gangguan Psikologi Pada Periode Menopause
Gangguan psikologis pada masa menopause sering terjadi. Seperti halnya gangguan gelombang hormon dan kebutuhan untuk beradaptasi dengan cara-cara baru membuat masa pubertas dan remaja menjadi masa yang sulit. Beberapa wanita menemukan perubahan gelombang hormon dan kebutuhan untuk menyesuaikan dengan perubahan membuat menopause menjadi sangat sulit.
Perubahan psikologis pada masa menopause seperti kehilangan sesuatu yang dibayangkan tentang kehidupan dan harus menyesuaikan gejala menopause yang asing baginya. Ketidak teraturan haid secara bawah sadar meningkatkan kecemasan wanita bahwa daya tarik seksual dan fisiknya berkurang. Dia menjadi tua, merasa ditolak dan mencapai akhir dari kehidupan. Emosi yang negatif ini tentu saja hanya berlangsung sementara.
Psikiatris menemukan, banyak wanita pada masa menopause melampaui tiga tahap sebelum menyesuaikan dengan kehidupan barunya. Pertama adalah tahap dimana perasaan cemas makin menonjol biasanya periode ini cukup singkat. Dilanjutkan dengan periode yang mungkin berlangsung berbulan-bulan, ketika gangguan depresi dan perubahan suasana hati yang lainya muncul. Yang ketiga merasa ditolak oleh semua orang. Semua anggapan itu tidak benar kelak si wanita akan memasuki tahap penyesuaian ulang. Semua kesedihan dari bulan-bulan sebelumnya tinggal sebagai mimpi buruk.
B.     Ganguan Psikologis Bagi Wanita Menopause:
1.    Depresi Menstrual
1.1 Pengertian
Adalah keadaan yang pernah timbul pada masa adolesens yang kemudian hilang dengan sedirinya selama periode reproduktif (menjadi ibu) dan timbul lagi pada usia klimakteris. Pada saat ini sekalipun wanita tersebut tidak haid lagi, namun rasa depresif itu selalu saja timbul dengan interval waktu tidak tetap. Dan selalu tiba bersamaan dengan datangnya siklus haid.
Depresi merupakan manifestasi dari kepedihan hati dan kekecewaan bahwa wanita yang bersangkutan menjadi kurang lengkap dan sempurna disebabkan oleh berhentinya fungsi reproduksi dan haid.

1.2 Cara mengatasi gangguan psikologis yang berhubungan dengan depresi menstrual yaitu:
a.         Dukungan Informatif
1)        Memberikan konseling khusus berhentinya haid adalah hal yang fisiologis dan akan dialami oleh semua wanita.
2)        Memberikan nasehat agar wanita tersebut mau dan menerima siklusnya. 
3)        Memberikan nasehat agar dapat menerima keadaanya dengan lapang dada. 
4)        Memberikan informasi agar selalu mengkomunikasikan setiap masalah atau perubahan yang terjadi pada suaminya.
5)        Memberikan nasehat untuk mencari lebih banyak tentang hal yang dihadapi melalui media cetak,  elektronik dan lain – lain. 
6)        Memberi nasehat untuk mencari dukungan spiritual. 
7)        Memberi contoh – contoh pengalaman positif tentang wanita menopause. 
8)        Menganjurkan untuk berolahraga. 
9)        Memberi latihan penanganan stress. 
10)    Memberi nasehat untuk konsultasi ke dr. Obgyn atau psikolog bila perlu.

b.      Dukungan Emosional 
1)        Mempunyai rasa empati terhadap hal yang dialami oleh wanita menopause.
2)        Melibatkan anggota keluarga terutama suami dalam memahami kondisi istrinya.
3)        Memberikan perhatian dan kepedulian kepada wanita tersebut.  
4)        Menciptakan lingkungan keluarga yang nyaman, tenang, harmonis dan saling pengertian.

c.       Dukungan Penghargaan 
1)        Memberi penghormatan sehingga wanita tersebut merasa dihargai. 
2)        Memberi dorongan atau support sehingga wanita tersebut bisa percaya diri.

d.      Dukungan Instrumental 
1)        Memberi bantuan tenaga terhadap apa yang dibutuhkan oleh wanita menopause.
2)        Memberi bantuan materi (yang diberikan keluarga).

2.      Masturbasi Klitoris
2.1 Pengertian
            Banyak wanita yang dahulu selama masa produktif menjadi dingin-beku secara seksual, pada masa klimakteris ini tiba-tiba saja seksualitasnya menjadi hangat mebara lagi, dan ia menjadi sensitive sekali. Akan tetapi, ada juga wanita-wanita yang selama periode produktifnya memiliki seksualitas yang normal, justru pada usia klimakteris ini mereka menjadi beku dingin secara seksual.
            Adakalanya pada wanita menopause timbul semacam seksual yang luar biasa hangat membara lagi ia sensitive sekali sehingga wanita tersebut melakukan masturbasi klitoris (onani kelentit).

2.2     Cara mengatasi gangguan psikologis masturbasi :
1)    Memberi nasehat untuk memenuhi kebutuhan sex secara sehat.
2)    Memberi nasehat untuk konsultasi ke ahli kebidanan untuk mendapat terapi.
3)    Memberi konseling bahwa wanita menopause bisa melakukan hubungan sex.
4)    Mengkomunikasikan masalah pada suami dan diharapkan suami mau membantu memecahkan masalah, mamberi dukungan kepada istrinya.



3.    Ide Delerius
3.1 Pengertian
Adalah ide yang berisikan kegilaan, nafsu-nafsu petualanganjika pada usia pubertas sudah pernah muncul predisposisi psiko somatis dan gejala psikis histeris, nafsu-nafsu petualangan dan gangguan psikis lain, maka pada usia klimakteris ini predisposisi dan gejala-gejala abnormal tadi akan muncul kembali. Biasanya gejala tersebut berisikan ide delirius (kegilaan).

3.2     Cara mengatasi gangguan psikologis tersebut yaitu dengan:
1)    Memberikan nasihat agar lebih mendekatkan diri pada Tuhan.
2)    Memberikan nasihat mengembangkan pikiran-pikiran atau ide yang positif dalam kehidupannya.

4.      Aktifitas Hipomanis Semu
4.1 Pengertian      
Aktifitas hipomanis semu adalah gangguan ini ditandai dengan seolah – olah wanita ini merasakan vitalitas hidupnya jadi bertambah. Ia merasa muda bagaikan gadis remaja dan selalu meyakinkan diri sendiri bahwa ia berambisi atau mampu memulai kehidupannya dari awal lagi. Wanita ini merasakan seolah-olah vitalitas kehidupannya jadi bertambah.

4.2 Cara mengatasi gangguan psikologis tersebut yaitu:
1)   Memberi nasehat agar aktifitas yang dilakukan dapat mengarah ke hal-hal yang positif contohnya berolahraga, menghadiri ceramah, dll dan mengisi waktu dengan kegiatan yang memperdalam kebudayaan atau bakat, misalnya melukis, dll.
2)   Mengisi kegiatan dengan memperdalam kebudayaan atau bakat.
5.      Infantile
            Infantile pada masa menopause adalah sifat kekanak-kanakan yang timbul setelah puber kedua ini. Saat menopause muncul kembali ingatan masa kecil, keceriaan, harapan, permainan, lepas, gembira, asyik, dan masih banyak suasana kegembiraan yang menyertai. Pada masa menopause infantil ini rasa keinginan selalu ingin terpenuhi, layaknya seperti anak-anak. 
6.      Insomnia
6.1  Pengertian
Insomnia adalah kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Sejumlah faktor dikombinasikan dalam menopause mengganggu tidur. Tingkat hormon, masalah kesehatan, gaya hidup, dan ketegangan situasional semua berperan dalam hal ini.
Setelah usia 40 atau 45 tahun, wanita mungkin mengalami kesulitan untuk bisa tidur atau tetap tidur:
1)      Penurunan kadar hormon.
2)      Kemerahan dan berkeringat di malam hari.
3)      Depresi dan kecemasan.
4)      Masalah fisik lain seperti kesulitan bernapas, masalah tiroid, sakit dll.
5)      Penggunaan kafein, alkohol nikotin yang berlebihan, atau penggunaan beberapa suplemen.
6)      Masalah Sosial dan keluarga seperti orang tua yang sakit, perceraian, kekhawatiran pekerjaan, masalah keuangan dll.
7)      Berbagai obat-obatan digunakan untuk ketidaknyamanan fisik yang berbeda.

Untuk masalah ini, semakin wanita kehilangan tidur karena gejala menopause, gejala insomnia akan lebih jelas terjadi. Kemurungan akan menjadi lebih intens, kelelahan ekstrim menjadi umum.

7.      Gangguan konsep diri
Gangguan konsep diri adalah konsep diri negatif  yang akan cenderung membuat individu bersikap tidak efektif, ini akan terlihat dari kemampuan interpersonal dan penguasaan lingkungan dalam masyarakat.
Menurut William D. Brooks dan Philip Emmert ada lima tanda individu yang memiliki konsep dirinegatif, yaitu :
1)        Ia peka pada kritik. Orang ini sangat tidak tahan kritik yang diterimanya, dan mudah marah dan naik  pitam.
2)        Orang yang memiliki konsep diri negatif, responsif sekali terhadap pujian, ia tidak dapatmenyembunyikan antusiasmenya pada waktu menerima pujian.
3)        Memiliki sikap hiperkritis terhadap orang lain. Ia selalu mengeluh, mencela atau meremehkanapapun dan siapapun. Mereka tidak mampu mengungkapkan penghargaan atau pengakuan padakelebihan orang lain.
4)        Cenderung merasa tidak disenangi orang lain. Ia merasa tidak diperhatikan, dan ia bereaksi padaorang lain sebagai musuh sehingga tidak dapat melahirkan kehangatan dan keakraban persahabatan.
5)        Bersikap pesimis terhadap kompetisi seperti ia enggan untuk bersaing dengan orang lain dalam membuat prestasi. Ia menganggap tidak akan berdaya melawan persaingan yang merugikan dirinya.Ciri khas individu yang berkonsep diri negatif adalah ketidak akuratan pengetahuan tentang dirinya sendiri. Individu yang mempunyai pemahaman atau pengetahuan yang kurang atau sedikitt entang dirinya, ia tidak sungguh-sungguh mengetahui siapa dia, apa kelebihan dan kekurangannya.
            Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa konsep diri negatif akan cenderung membuatindividu bersikap tidak efektif, ini akan terlihat dari kemampuan interpersonal dan penguasaanlingkungan dalam masyarakat.

v Cara mengatasi gangguan psikologi insomia,gangguan konsep diri dan infantile pada masa menopause adalah :
1)        Kembangkan kebiasaan tidur dan mentaatinya, membaca bacaan ringan, nonton TV, acara santai, musik yang menyenangkan.
2)        Makanlah jangan terlalu banyak/kemyang dan jangan kurang karena akan mengganggu tidur.
3)        Atur kenyamanan diri, pastikan ruangan jangan terlalu panas/dingin dan kamar harus bersih juga rapi.
4)        Dapatkan udara segar, jangan tidur dengan selimut menutupi kepala akan mengurangi oksigen dan menambah karbodioksida yang dihirup.
5)        Batasi minum/cairan setelah jam 16.00 karena akan bak waktu malam hari.
6)        Jernihkan pikiran, cobalah menyelesaikan masalah pada siang dan singkirkan semua kecemasan sebelum tidur.
7)        Menunda jam tidur dan tidak tidur siang.
8)        Mengerti dan menerima diri sendiri tulus ikhlas merupakan fitrah dari Tuhan.
9)        Aktifitas social dan agama dapat memberikan kepuasan batin, memperkaya iman dan memberikan rasa berserah diri kepada-Nya.
10)    Ketenangan dalam keluarga yaitu adanya pengertian dan dorongan anggota kelurga akan membantu mengurangi gejala yang timbul, terasa ringan dan membawa kebahagiaan.
11)    Pengobatan dengan esterogen dan kombinasi psikoterapi.



















BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
v  Gangguan psikologis bagi wanita menopause antara lain Depresi Menstrual, Masturbasi Klitoris, Ide Delerius, Aktifitas Hipomanis Semu, Infantile, Insomnia dan Gangguan konsep diri
v  Depresi Menstrual adalah keadaan yang pernah timbul pada masa adolesens yang kemudian hilang dengan sedirinya selama periode reproduktif (menjadi ibu) dan timbul lagi pada usia klimakteris
v  Adakalanya pada wanita menopause timbul semacam seksual yang luar biasa hangat membara lagi ia sensitive sekali sehingga wanita tersebut melakukan masturbasi klitoris (onani kelentit)
v  Ide Delerius adalah ide yang berisikan kegilaan, nafsu-nafsu petualanganjika pada usia pubertas sudah pernah muncul predisposisi psiko somatis dan gejala psikis histeris, nafsu-nafsu petualangan dan gangguan psikis lain, maka pada usia klimakteris ini predisposisi dan gejala-gejala abnormal tadi akan muncul kembali.
v  Aktifitas hipomanis semu adalah gangguan ini ditandai dengan seolah – olah wanita ini merasakan vitalitas hidupnya jadi bertambah.
v  Infantile pada masa menopause adalah sifat kekanak-kanakan yang timbul setelah puber kedua.
v  Insomnia adalah kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Sejumlah faktor dikombinasikan dalam menopause mengganggu tidur. 
v  Gangguan konsep diri adalah konsep diri negatif  yang akan cenderung membuat individu bersikap tidak efektif, ini akan terlihat dari kemampuan interpersonal dan penguasaan lingkungan dalam masyarakat.
B.     KRITIK DAN SARAN
            Pepatah pun mengatakan tak ada gading yang tak retak, maka penulis sangat mengharapkan sekali kritik dan saran dari para pembaca, karena makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan penuh dengan kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar